PUNK atau LIBERALISME.??

Hai bray,,apa kabar nih,mudah-mudahan selalu baik-baik saja. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu PUNK, yang sebagian orang, punk adalah kaum termarjinalkan,kaum perusuh dan sebagainya. Untuk itulah saya tertarik untuk membahas hal itu agar kalian-kalian yang belum paham betul tentang punk bisa sedikit tau dan paham.

Gara-gara saya menonton acara radioshow_tvone yang mana me
nampilkan band punk indonesia "MARJINAL" sebagai bintang tamunya sehingga saya tertarik untuk sedikit mengomentari opini-opini dari vokalis marjinal yaitu mike. Dia berpendapat kalau PUNK yaitu suatu sikap atau idealisme tentang kebebasan berekspresi,bebas mengatur hidupnya sendiri tanpa terikat aturan,yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk karya seni musik maupun style atau dandanan sehari-hari.


Saya sedikit berpikir dengan pendapatnya itu,bahwa punk adalah idealisme tentang kebebasan berekspresi,,menurut saya itu sedikit keliru,berarti itu sama halnya dengan liberalisme donk.?? Apakah iya punk itu sama saja dengan liberalisme.?? Kalau menurut pendapat saya sih,punk adalah suatu idealisme tentang suatu bentuk perlawanan terhadap kondisi dimasyarakat dimana adanya penindasan,rasa ketidak adilan dimasyarakat yang dilakukan para pemimpin dan aparat disuatu negeri. Jadi menurut saya,yang lebih ditekankan disini bukan kebebasan berekspresinya tapi lebih ke tindakan perlawanan baik secara fisik maupun secara non fisik terhadap penindasan,tindakan sewenang-wenang,dan ketidak adilan yang ada dimasyarakat. Jadi saya sangat tidak setuju kalau punk disamakan dengan kebebasan,karena kebebasan itu sama saja dengan liberalisme.

Jaman terus berganti tetapi semangat punk masih tetap ada sampai sekarang,hanya sudah banyak bermetamorfosis menjadi lebih elegan. Dilain pihak,dengan banyaknya band-band beraliran punk yang dipromotori oleh major label yang memang hanya berorientasi uang semata, membuat punk itu sendiri dikenal oleh hampir seluruh warga dibumi ini,akan tetapi karena punk yang dibawa oleh band-band major label kebanyakan hanya dandanan doank yang punk alias poser semata sehingga banyak para generasi muda kususnya indonesia yang salah mendeskripsikan tentang punk. Yang mereka tau kalau punk atau punkers harus berdandan rambut mohawk,sepatu boots,nenteng gitang kentrung/kecil,baju lusuh,beranting piershing,dan lain-lain yang semuanya itu hanya sebagian kecil dari punk itu sendiri atau lebih tepatnya hanya aksesoris punk dan bukan roh dari punk itu sendiri. Walaupun begitu para poser di indonesia masih dengan bangganya memamerkan dandanan mereka seolah-olah mereka punkers sejati,tapi sejatinya mereka itu adalah korban dari sinetron dan film yang dibuat para kaum kapitalis.


Kalau kita mau menelisik lebih jauh kesejarah bangsa indonesia,sebenarnya presiden pertama indonesia yaitu bung karno adalah sosok seorang punkers,yang mana dia dengan semangat yang membara berjuang untuk kemerdekaan bangsa indonesia dari penjajahan dan penindasan kaum-kaum imperialisme belanda ,jepang dan sekutu-sekutunya. Nah Lo.... baru tau kaaaan.??? Saya sendiri pernah dulu ketika jaman-jamannya masih idealis banget,dandanan saya boleh dibilang nge_punk lah,,kerja di perusahaan tapi potongan rambut paling nyeleneh sendiri,alhasil sering kena operasi satpam tentang kerapihan rambut. Tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya umur,lama kelamaan penampilan saya mulai bermetamorfosis menjadi lebih elegan dan maskulin atau bahasa kasarnya menjadi sedikit lebih rapi laah,,tetapi jiwa saya tetep...punk total bray,dan saya tergolong punk yang beda dari yang lain,jiwa tetep punk tapi perintah agama tetep mesti dijalankan,taat aturan hukum dan hidup normal layaknya manusia lain yaitu bekerja mencari sekeping rupiah, punk_religi laah dan bukan black_punk.

Kita bisa lihat diluar sana,pasti kebanyakan punkers-punkers yang berkeliaran masih umur belasan tahun kaan?? itu membuktikan bahwa mereka masih melakukan pencarian jati diri,masih terkontaminasi dengan idola-idola mereka,belum mempunyai pijakan dan pemikiran yang rasional,mereka hanya ikut-ikutan trend yang ada. Yang lebih parah lagi,banyak diantara mereka yang berbuat kriminal,tindakan itu yang membuat citra punk menjadi buruk,punkers-punkers semacam itu yang disebut punkers jadul alias kuno,tidak sadar kalau sekarang udah tahun 2012 dan bukan tahun 50an.

Demikian tadi sedikit opini saya tentang apa itu punk,semoga bisa menambah wawasan kalian tentang punk.,jika diantara kalian ada yang berbeda pandangan atau punya pendapat lain,silahkan tulis komentar kamu dikolom komentar bray agar bisa menambah wawasan bagi para pembaca yang lain. 

"Punk itu identik dengan perlawanan dan bukan penampilan, yang terpenting bukan dandanan fisik tapi lebih ke attitude/perilaku masing-masing personal."
"Roh dari punk yaitu perlawanan terhadap ketidakadilan dan penindasan para penguasa dan kaum kapitalis."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar