Cerpen Dan Novel

Sebenarnya sejam yang lalu aku sudah mematikan komputer dan mencoba untuk memejamkan mata,tapi kok gak bisa tidur juga,makanya aku bangun kembali terus nyalakan komputer,yaaa untuk sekedar mengeluarkan apa yang ada diotak,ataupun sekedar coret-coret di blog,karena space memori otakku udah limit bangedd. Tumben-tumbennya nih saya kayak gini,biasanya klo udh jatuh kepelukan kasur pasti langsung molorr ampe pagi,gak tau apa karena
perut yang masih lapar atau gimana.

Okelah kali ini saya akan membahas seputar buku-buku novel dan cerpen.Cerpen adalah cerita pendek yang mana berisi tentang cerita tentang sesuatu hal tetapi dikemas secara singkat atau pendek,itulah mengapa sering disebut dengan istilah cerpen dan kebanyakan berupa cerita fiktif. Sedangkan Novel yaitu sebuh karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif,biasanya dalam bentuk cerita. Sejauh yang saya tau,novel berasal dari bahasa italia yaitu "Novella" yang berarti sebuah kisah,sepotong berita. Gak tau deh sekarang udah diganti atau belum definisi tersebut.
Sebenarnya apa sih menariknya sebuah cerpen ataupun novel.?? Saya sendiri kurang begitu tau tentang hal itu karena saya sendiri bukan seorang yang suka dengan buku-buku cerpen ataupun novel,saya lebih suka nonton film daripada membaca sebuah novel,tetapi saya suka sekali membaca artikel-artikel dari orang-orang hebat ataupun para motivator-motivator didunia ini. Kalau untuk cerpen,saya lebih suka cerpen yang bergenre komedi apalagi komik komedi,saya suka sekali,seperti komik-komik jaman dahulu yaitu si gareng karya Tatang S.

Banyak juga karena fenomenalnya sebuah novel sehingga para produser film banyak yang mengangkat cerita dari sebuah novel,misalnya saja novel ketika cinta bertasbih,laskar pelangi,dan lain-lain. Dari sekian banyak novel saya cuma tertarik membaca novel karya Andrea Hirata yang berjudul "EDENSOR" dimana novel tersebut menceritakan kisah si penulis itu sendiri selama berpetualang diluar negeri tepatnya ketika sedang kuliah disana. Bekerja paruh waktu selama libur semester,menjadi backpacker keliling negara-negara di eropa serta kendala-kendala selama menjadi backpacker dikemas dengan baik oleh Andrea Hirata.

Pernah juga terbesit dipikiranku untuk membuat sebuah karya sastra sejenis novel cuma gak aku realisasikan,maless bikinnya,,tetapi aku punya rencana yang gokil yaitu menuliskan sebuah biografi atau sejarah hidup saya dari saya lahir sampai umur saya habis. Beberapa kerangkanya sudah saya buat dan sebagian sudah saya tulis di blog pribadi saya dan belum saya publikasikan,mungkin suatu saat akan saya publikasikan tapi saya tidak janj looh.Isinya saya tulis secara fakta entah itu kejelekan saya maupun yang lainnya,tetapi lebih ke perjalanan emosional saya dalam melewati setiap babak dalam hidup ini.

Demikian tadi beberapa info seputar cerpen dan novel,mungkin belum terlalu mendalam saya mengupasnya,itu semua karena aku juga gak ngerti banget tentang novel jadi yaa sebatas pengertian secara umum saja. Ngomong-ngomong mood saya udah mulai enak nih,jadi saya ahiri dulu coretan ini ya bray,,,kapan-kapan kita lanjut lagi dengan topik yang berbeda,met malam and met molorr aja bray...

Kata bijak hari ini:
"Apa yang kita lakukan belum tentu orang lain paham maksudnya,biarkan saja mereka berasumsi,waktu yang akan menjawabnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar