12 Rahasia Bisnis Rasulullah ( Part 3 )

Menyambung pembahasan dari artikel sebelumnya yang bisa kalian baca Klik DiSINI ,yaitu tentang 12 Rahasia Bisnis Rasulullah yang menarik untuk diketahui oleh semua orang baik yang muslim maupun yang
non muslim. Berikut pembahasan terahir dari topik tersebut:



9. Rahasia kesembilan : Mengutamakan sinergisme.
Kita harus sadar, tidak ada satu pun manusia yang sempurna di muka bumi ini. Sehabat apapun kita, pasti ada sesuatu yang tak mungkin kita lakukan, yang justru bisa dilakukan orang lain. Dan ini berarti kita memerlukan orang lain untuk mencapai sesuatu itu. Kita begitu berharga, kehidupan ini pun sangat berharga. Sayang bila kita merendahkan harga diri kita dengan berputus asa.

Sinergisme bukanlah melenyapkan keunikan-keunikan. Sebaliknya menampakkan keunikan itu secara gamblang dan nyata. Sinergi juga memungkinkan menyatukan 2 pesaing atau lebih pada satu ranah yang sama. Sabda Rasulullah “Keberkahan sesungguhnya berada dalam jamaah. Dan tangan Allah sesungguhnya bersama jamaah”. Dalam dunia bisnis, jamaah bisa diartikan dengan sinergisme. Dan keuntungan atau pertambahan nilai akan terjadi jika dilakukan oleh sekelompok orang, yaitu sinergi. Dan dahsyatnya Rasulullah telah mencontohkan hal ini berabad-abad yang silam.

10. Rahasia kesepuluh : Berbisnis dengan cinta.
Energi cinta membuat aktivitas yang kita lakukan tampak menyenangkan, betapapun beratnya akan terasa begitu ringan. Sesuatu yang susah berubah menjadi mudah dan mampu bertahan dalam derita. Dalam dunia bisnis, kecintaan terhadap profesi memiliki peranan yang penting. Cinta seorang entrepreneur kepada relasinya, merupakan aspek yang tak boleh ditinggalkan begitu saja.

Semakin besar rasa cinta Anda kepada para pelanggan, semakin baik perlakuan Anda pada para pelanggan, semakin baik pula perlakuan mereka kepada Anda dan semakin nyamanlah pelanggan Anda. Semakin nyaman pelanggan Anda, semakin suka ia berbisnis dengan Anda. Belum lagi jika relasi/pelanggan Anda menceritakan kepada teman-temannya betapa baiknya Anda terhadap mereka. Dan itu berarti akan menambah relasi/pelanggan dan keuntungan dalam bisnis Anda. Karyawan juga mesti diajak untuk memperlakukan pelanggan dengan baik, banyak tersenyum dan memberikan perhatian khusus dalam melayani pelanggan. Rasulullah mencintai pekerjaannya, karena bekerja adalah ibadah. Beliau mencintai relasi-relasinya karena mencintai relasi juga ibadah dalam bermuamalah.

11. Rahasia kesebelas : Pandai bersyukur dan berucap terima kasih.
Rasa syukur merupakan tanda dari rasa terima kasih kepada Allah swt. Di setiap detik dan menit mestinya ada sesuatu yang patut disyukuri dalam kehidupan ini. Jangan lewatkan hari-hari Anda dengan bermurung dan bermuram durja. Perasaan bersyukur atau menerima apa yang ada dengan rasa syukur, akan mengundang datangnya tambahan kenikmatan.

Manusia paling hobi memperbanyak alasan, padahal alasan memperjelas kelemahan kita. Rasulullah telah mencanangkan bahwa kita bisa kukuh dan kuat justru dengan kewirausahaan. Kunci entrepreneur sejati tergantung dari masa kecilnya. Modal yang beliau miliki adalah Al Amin, yaitu orang yang kredibel dan dapat dipercaya. Mulai sekarang, kita harus membuat track record menjadi orang yang terpercaya dalam kehidupan kita. Modal kita adalah nama baik kita.

Muhammad Rasulullah menjadi pedagang sukses karena mampu melewati tahap berikut :
a. Mampu menghilangkan mental blocking.
b. Mampu menguasai pasar.
c. Mampu memproduksi sebagian barang sesuai tuntutan pasar, yang tidak dapat dipenuhi oleh pemasok.
d. Mampu mengelola organisasi secara efektif dan efisien.
e. Mampu menarik dan meyakinkan pemilik modal untuk ikut serta dalam bisnis yang dilaksanakan.
Sebenarnya rezeki sudah diatur oleh-Nya, namun tanpa direncanakan, rezeki akan sulit diraih. Rezeki membutuhkan keberanian untuk menjemputnya. Mana mungkin rezeki itu datang bila setiap hari kita tidak berbuat apa-apa, hanya pasrah saja.

12. Rahasia keduabelas : Be the best! Menjadi manusia paling bermanfaat.
Kebahagiaan sesungguhnya adalah cara memandang dan bertindak. Ketika memandang dengan penuh cinta, seluruh perilaku kita pun mencerminkan perasaan itu. Kala bertemu orang lain, begitu mudah kita menebarkan senyum. Saat melihat saudara kita yang sedang kesusahan, begitu mudah kita memberikan pertolongan. Sehingga orang-orang pun merasa nyaman dengan perlakuan kita. Orang yang terus menebarkan cinta dan pertolongan, akan selalu diliputi oleh energi cinta. Orang-orang pun akan mendekatinya dengan penuh cinta.

Inti dari ilmu bisnis adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan itu berarti kita sedang mempersiapkan diri untuk melakukan yang terbaik pada orang lain. Dan Rasulullah pun bersabda :
a. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain.
b. Tangan di atas itu lebih baik dari tangan di bawah.
Semua rahasia bisnis ini menjadi tidak penting bila mutiara-mutiara yang telah kita dapat ini tidak dipraktekkan.

Demikian tadi ringkasan dari buku yang pernah saya baca tentang 12 Rahasia Bisnis Rasulullah, semoga kita mampu meneladani nilai-nilai tersebut. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar