Supaya Sholat Menjadi Khusyuk

Kali ini saya akan membahas seputar shalat, hal tersebut saya bahas karena saya sering sekali terganggu kekhusyukan ku dalam menjalankan sholat lima waktu, salah satu diantaranya ya memang karena faktor tempat, secara gitu loh tempat saya beraktifitas tersebut dekat dengan jalan raya dan kondisinya pun terbuka alias tidak ada sekat penutup, jadi terlihat oleh setiap orang yang lewat dijalan tersebut.

Oleh karena itulah saya mencari solusi untuk hal tersebut dengan banyak membaca hal-hal yang berkaitan dengan shalat dan ahirnya saya menemukan solusi yang setidaknya mulai saya coba praktekan agar sholat saya bisa lebih khusyu' dari biasanya. Berikut beberapa cara agar sholat kita bisa khusyu :

1. Pusatkan pikiran hanya kepada Allah SWT.
Netralkan pikiran kita dari hal-hal yang berbau dunia seperti pekerjaan, keluarga, sekolah, kampus, harta, wanita, laki-laki, dan lain-lain. Jadi pikiran kita hanya fokus kepada Allah tanpa diduakan dengan hal-hal lain selain Allah.

2. Menyadari bahwa kita sedang menghadap Tuhan.
Ciptakanlah suasana hati dan pikiran kita bahwa kita sedang berhadapan dengan sesuatu yang luar biasa yang tidak ada tandingannya didunia maupun di akherat. Sesuatu yang lebih agung dari makhluk, jin, iblis, dan lain-lain sehingga kita bisa benar-benar fokus dan konsentrasi sepenuhnya.

3. Paham tentang arti bacaan shalat.
Hal ini mutlak diperlukan agar shalat kita lebih punya greget dan lebih mantap, lain halnya jika kita tidak tahu arti dari bacaan shalat yang kita lakukan, pasti perasaan kita akan berbeda jika kita tahu dan mengerti arti dari bacaan shalat tersebut. Untuk tahu dan mengerti tentang arti dari bacaan shalat ya kita mesti banyak membaca.

4. Menganggap shalat kita adalah shalat yang terakhir.
Maksudnya disini adalah kita merasa bahwa shalat yang kita lakukan tersebut adalah shalat yang terakhir kalinya sebelum ajal menjemput, dengan demikian pastinya kita akan benar-benar menjalankannya dengan penuh kekhusyu'an.

5. Shalat tepat waktu.
Hal ini bisa membuat kita tidak diburu waktu atau melakukan dengan terburu-buru, karena kita melakukannya tepat pada waktunya. Namun ada juga orang yang menjalankan shalat dengan gerakan yang cepat walaupun tepat waktu, yaa itu sih keyakinan masing-masing insan. Tapi pada intinya shalat tepat waktu banyak sekali faedahnya.

6. Ikhlas hanya untuk mendapat ridho Alloh SWT.
Jika kita menjalankan shalat hanya untuk dipuji orang, pamer, supaya dianggap orang alim, hanya ikut-ikutan saja dan lain-lain, maka buang jauh-jauh pikiran semacam itu. Selain shalat kita menjadi rusak, hal tersebut juga dibenci oleh Alloh SWT.

7. Memperhatikan kondisi tubuh sebelum shalat.
Pastikan bahwa tubuh kita merasa nyaman dan sudah benar-benar siap untuk shalat, bersih dari hadas dan najis, dan lain-lain.

8. Memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.
Nah hal yang satu ini yang masih jadi kendala buat saya karena tempat saya beraktifitas tidak ada tempat khusus untuk shalat sehingga shalat ditempat itu juga. Tempat memang kadang membuat konsentrasi jadi buyar dan tidak khusyu', misalnya lingkungan yang terlalu bising, tidak bersih, keamanan, gangguan anak-anak, dan lain-lain, usahakan meminimalisir hal tersebut.

9. Ada keinginan untuk lebih baik.
Percuma saja kita menjalankan shalat tiap waktu kalau kita tidak punya keinginan untuk terus memperbaiki kualitas shalat kita, oleh karena itu keinginan atau kesadaran dari diri kita adalah hal yang mesti ada dalam jiwa kita.

Demikian tadi beberapa cara agar shalat kita bisa lebih khusyu', mungkin masih banyak cara lain selain yang saya kemukakan tadi, silahkan kalian bisa menambahkannya dikomentar untuk menambah referensi bagi pembaca yang lain. Artikel ini saya tulis karena terinspirasi oleh pengalaman saya sendiri yang mana shalat saya kadang tidak khusyu karena banyak faktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar