Apa Itu Ngelindur Atau Mengigau ??

 Suatu ketika ada seseorang yang sedang tidur pulas,tiba-tiba dia berbicara seperti layaknya orang terjaga/tidak tidur tapi posisi matanya tertutup layaknya orang tidur,banyak yang bilang itu merupakan kejadian mengigau atau bahasa jawanya ngelindur.Memang sih suaranya tidak begitu jelas terucap alias suaranya seperti orang menggumam,tetapi sebenarnya si orang yang mengigau tersebut sedang ber
mimpi dan dalam mimpinya dia sedang berbicara sangat keras dan jelas sehingga mengakibatkan kondisi dimana mulutnya seakan berbicara tetapi samar-samar dan cenderung tidak jelas.

Mengigau atau ngelindur bagi sebagian masyarakat ditanggapi dengan berbagai sikap,misalnya saja bagi sebagian masyarakat jawa kususnya para generasi tua/sepuh,konon menurut penuturan mereka,jika ada orang yang sedang ngelindur atau mengigau kemudian kita ajak bicara,katanya orang tersebut(orang yg sedang ngelindur) bisa menjawab pertanyaan yang kita lontarkan terutama pertanyaan misalnya "kenapa kamu teriak-teriak,kamu lagi kenapa,dll".Sebenarnya rada-rada janggal sih,masa' orang lagi tidur diajak ngobrol,ya ga masuk akal secara akal sehat,,iya kaaan??tapi pernahkan kalian mencobanya.??

Karena rasa penasaran saya akan hal itu,suatu ketika saya pernah mencoba melakukan hal itu,yaitu mengajak ngobrol orang yang sedang ngelindur atau mengigau dan hasilnya memang ada sedikit benarnya sih.Orang yang sedang ngelindur ternyata menjawab pertanyaan yang kita ajukan,cuma yang menjadi masalah adalah suara jawaban dari orang yg ngelindur sangatlah tidak jelas atau seperti orang bergumam jadi sangat sulit untuk dimengerti.Pernah juga saya mengalaminya sendiri yaitu ketika itu saya mimpi dikejar-kejar cewe cantik banget sampai-sampai saya teriak-teriak "oooh maigaad..oh maigadd,,, is beautiful" hehehehehe....gak lah,,maksudnya saya mimpi dikejar-kejar hantu yang sangat menyeramkan,sontak saja dalam mimpi itu aku teriak-teriak sekeras-kerasnya sambil berlari dan bahkan terbang secepatnya tapi hantu itu juga ikut-ikutan terbang mengejar saya.Dalam kondisi yang sangat menyeramkan itu tiba-tiba aku terbangun dengan kondisi badan basah kuyup,tau gak kenapa.??? Ternyata aku disiram air satu gayung gara-gara katanya teriak-teriak gak jelas malam-malam,buseeet dah,lha wong aku lg mimpi dikejar-kejar hantu oogh.

Dari kejadian semacam itu aku kadang berpikir,kok bisa ya terjadi hal demikian,sebenarnya apa korelasinya antara mimpi atau ngelindur dengan tubuh.Sampai saat ini aku belum menemukan jawaban yang logis dan ilmiah yang berbobot dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya,tetapi asik juga sih mempelajari hal-hal lucu seperti itu.Ada juga mimpi yang antara setengah sadar setengah tidur,jadi perasaan kita tu kita mimpi tapi bisa merasakan orang-orang yang ada didekat kita cuma kita sulit untuk sadar sepenuhnya,hal demikian juga bisa dikatakan ngelindur atau mengigau.

Yang lebih parah lagi ada orang yang suka tidur/ngelindur sambil berjalan,,nah Lo......kayak zombie kaaan jadinya.???kalau kayak gitu baiknya dipukul pake panci aja  kalee yaaa hehehehehe....just kidding bray.

haah...apaaaaa..????kalian bilang kalau yang nulis jangan-jangan juga lagi ngelindur atau mengigau.???Waaaaaaah...kalian sungguh TER-LA-LU........

2 komentar:

  1. mksh gan info'a, jd nbmh lg pengetahuan tntang mengigau hehe..
    mmpir di blog ane juga yaa

    BalasHapus