Kosongkan Gelas

Hidup ini tidak pernah luput dari berbagai macam persoalan yang silih berganti datang kepada kita,itu semua tidak memandang dia miskin atau kaya,semuanya pasti kebagian sesuai dengan porsinya masing-masing. Ada sebuah pepatah yang mengatakan "bukan hidup namanya kalau tidak ada masalah,kalau kepingin tidak punya masalah ya mending gak usah hidup alias mati saja",,itu memang ada benarnya juga bray,secara gitu loh,hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menghadapinya dengan selalu bersyukur atas apa yang ada saat ini.

Beranjak dari persoalan tersebut,saya ada sedikit sesuatu yang pengin saya share atau bagi ke kalian semua,terutama kalian yang saat ini masih mengenyam pendidikan baik itu sekolah,kuliah maupun lembaga pendidikan lainnya. Banyak diantara kita yang sering banget mengeluh tentang rutinitasnya sebagai pelajar,mahasiswa maupun yang lainnya yang sedang menuntut ilmu, mengeluh tentang rasa bosan dalam belajar,merasa otaknya sudah penuh bahkan ada yang nyeletuk "otakku serasa mau pecah nih dengan be
rbagai tugas belajar".

Sebenarnya hal-hal semacam itu tidak hanya dialami oleh pelajar dan mahasiswa saja,hampir sebagian orang yang sedang menjalani suatu kegiatan yang sifatnya belajar sering mengeluhkan hal semacam itu,,tetapi tahukah kalian bagaimana cara memecahkan masalah itu atau dengan kata lain solusi untuk menyelesaikan permasalahan itu???sebenarnya kalau kita mau sedikit baca-baca ataupun instropeksi diri ataupun menyempatkan sedikit waktu untuk menenangkan pikiran kita dari segala kepenatan hidup ini,pastilah kita akan menemukan solusinya.
Saya teringat sebuah cerita yang mana dikisahkan ada seorang murid sedang duduk-duduk dengan gurunya disebuah padepokan sambil minum teh hangat. Sang guru menuangkan teh kedalam gelas tetapi tanpa sadar sang guru kebanyakan dalam menuang air teh kedalam gelas sehingga airnya meluap melebihi batas gelas dan menggenangi tempat mereka duduk. Sang murid kemudian bertanya kepada sang guru: "guru,kenapa sang guru menuangkan air teh terus menerus sehingga airnya tumpah kemana-mana??". Kemudian sang guru menjawab: "muridku,tahukah kamu,jika gelas itu diibaratkan otak/pikiran manusia dan air teh tadi adalah sesuatu hal yang sedang kita pelajari, begitu juga dengan diri kita,jika kita ingin mengisi otak kita dengan sesuatu hal baik itu pendidikan,pembelajaran atau apapun itu maka kita harus mengosongkan pikiran kita dari hal-hal yang tidak berguna sehingga pikiran kita seperti gelas yang kosong yang siap untuk kita isi dengan air".

"Jika kita ingin belajar,maka kosongkan dulu pikiran kita dari hal-hal yang tidak berguna,maka dengan begitu kita akan mudah menyerap apa yang kita pelajari seperti halnya gelas kosong yang didisi air".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar