KORELASI ANTARA RASA LAPAR DAN KONDISI LAMBUNG

Kali ini saya mau membahas tentang lambung dan rasa lapar ,sebenarnya apa dampaknya jika perut kita terasa lapar tapi tidak segera di isi makanan atau sebaliknya,jika perut tidak disi makanan dalam jangka waktu tertentu.Tentu bagi kaum muslim menahan rasa lapar itu sudah tidak asing lagi karena setiap tahun umat islam menjalankan puasa selama satu bulan penuh.Sebenarnya apa saja manfaat puasa dilihat dari sisi medis atau kesehatan terhadap tubuh kita,mari kita baca
beberapa manfaat puasa yg saya ambil dari berbagai sumber:

1.Menurunkan berat badan
2.Menghilangkan racun dalam tubuh
3.Meredakan nyeri pada persendian
4.Mengurangi konsumsi cairan yang berlebihan
5.Mengurangi tekanan darah tinggi
6.Sebagai waktu istirahat bagi tubuh kususnya organ pencernaan
Dan masih banyak lagi manfaat2 lainnya,tapi saya sedikit heran,suatu ketika seseorang punya penyakit yaitu kurangnya nafsu makan.Memang ada sih penyebab umum yang mengakibatkan menurunnya nafsu makan,diantaranya karena stress yg berlebih.Ternyata stress akibat rutinitas kita sehari2 bisa juga mengganggu nafsu makan seseorang dan itu sudah umum terjadi hampir diseluruh belahan dunia.

Tapi belakangan saya gadi tertarik untuk mempelajari dan meneliti tentang gangguan nafsu makan atau tidak adanya nafsu makan tapi bukan karena efek dari stress berlebih ataupun kesibukan seseorang yg berlebih.Kali ini saya sedikit heran dan penasaran ,apakah ada korelasinya kejadian yang saya alami.Pernah suatu ketika saya tidak merasakan lapar ataupun haus layaknya manusia normal dan itu berlangsung hampir satu hari satu malam tidak menyentuh makanan sedikitpun aliastidak makan dan minum padahal kondisi saya biasa2 saja,tdk sedang stress ataupun terlalu sibuk.Karena rentan waktu tersebut ahirnya saya memutuskan untuk mengisi perut saya dengan makanan karena saya kawatir lambung saya mengalami radang karena tidak adanya makanan yg diproses dilambung.Dari kejadian tersebut saya kembali berpikr dan mencari tau apa sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut dan apakah ada efek samping yang ditimbulkan dari kejadian tadi.Kalau secara medis jelas itu sangat tidak baik buat kondisi lambung manusia karena bisa menyebabkan peradangan dilambung,saya baca artikel2 yang berhubungan dengan lambung tapi belum ada jawaban secara pasti penyebab hal tersebut,saya hanya menemukan sebuah artikel yang menyebutkan ada seorang laki2 berusia hampir 70 tahunan lebih yang tinggal di india,dia seumur hidupnya tidak pernah makan dan minum dan anehnya dia tidak merasakan sakit ataupun apa,dia tetap bisa beraktifitas seperti manusia pada umumnya.Dia mengaku kalau dirinya menganut kepercayaan tertentu dan dia adalah titisan dari dewa yg dia yakini menurut kepercayaannya tersebut.Sekarang laki2 tersebut masih dikarantina disebuah rumah sakit untuk diteliti lebig lanjut.

Sampai sekarangpun saya masih terus menggali informasi seputar korelasi antara lambung,rasa lapar dan efek samping dari lambung yang kosong.Saya enggan untuk mengkait2kan dengan hal2 yang berbau klenik ataupun supranatural karena saya lebih tertarik dengan hal2 yang ilmiah daripada hal2 yang berbau magic.Sebenarnya ingin juga sih mengulang hal tersebut lebih lama lagi tidak hanya satu hari satu malam,tapi mungkin lebih dari itu,tapi lagi2 saya kawatir dengan lambung saya itu.Apakah kalian juga pernah mengalami hal demikian....?????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar